SMK Negeri 1 Tambusai

SMKN 1 Tambusai dan DKPP Adakan Kerja Sama Ketahanan Pangan

 

 

Berita SMK – Tambusai – Ketahanan pangan adalah sebuah kondisi yang terkait dengan ketersediaan bahan pangan secara berkelanjutan. Ketersediaan pangan berhubungan dengan suplai pangan melalui produksi, distribusi, dan pertukaran. Produksi pangan ditentukan oleh berbagai jenis faktor, termasuk kepemilikan lahan dan penggunaannya; jenis dan manajemen tanah; pemilihan, pemuliaan, dan manajemen tanaman pertanian; pemuliaan dan manajemen hewan ternak; dan pemanenan. Produksi tanaman pertanian dapat dipengaruhi oleh perubahan temperatur dan curah hujan. Pemanfaatan lahan, air, dan energi untuk menumbuhkan bahan pangan seringkali berkompetisi dengan kebutuhan lain.  Distribusi pangan melibatkan penyimpanan, pemrosesan, transportasi, pengemasan, dan pemasaran bahan pangan. Infrastruktur rantai pasokan dan teknologi penyimpanan pangan juga dapat mempengaruhi jumlah bahan pangan yang hilang selama distribusi. Infrastruktur transportasi yang tidak memadai dapat menyebabkan peningkatan harga hingga ke pasar global. Produksi pangan per kapita dunia sudah melebihi konsumsi per kapita, namun di berbagai tempat masih ditemukan kerawanan pangan karena distribusi bahan pangan telah menjadi penghalang utama dalam mencapai ketahanan pangan.

SMKN 1 Tambusai dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Rokan Hulu melakukan kerja sama di bidang ketahanan pangan. Adapun hal-hal yang dibahas mengenai budi daya tanaman jeruk lemon, serai wangi dan jamur tiram. Tidak hanya sampai disitu dalam pertemuan kerja sama ini membahas mengenai manfaat tanaman tersebut, pengolahan hingga pemasaran.

DKPP dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Romel dan Bapak Syahril, SP. Bapak Syahril SP menuturkan "dengan adanya kerja sama antara SMKN 1 Tambusai dan DKPP diharapkan mampu menjadi promotor ketahanan pangan kabupaten Rokan Hulu”.

Untuk pelaksanaan program nantinya akan dilaksanakan oleh program keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP). Selanjutnya sebagai penasehat dan pengarah yaitu Bapak Wardana, SP., M.Pd. selaku  Kepala SMKN 1 Tambusai, Penanggung Jawab Ketua Program Keahlian Mukti, SP dibantu oleh Instruktur ATP yaitu Nursalmi, SE., M.Pd., Parlindungan SP dan Riza Fauzi, SM.

Diharapkan dengan dilaksanakannya program ini, SMKN 1 Tambusai mampu menjadi salah satu sumber ketahanan Kabupaten Rokan Hulu. (Riza Fauzi*, Kamis, 25 Juli 2019)

 

 

Terkait