SMK Negeri 1 Tambusai

Kesan Instruktur "Gerakan Sekolah Menyenangkan"

TERIMAKASIH, SUDAH AMBIL PERAN UNTUK PERUBAHAN DAN PENDIDIKAN INDONESIA YANG LEBIH BAIK

 

SMK Negeri 1 Tambusai, sekolah yang sedang bertransformasi menjadi SMK terbaik dengan Program Pusat Keunggulan di Provinsi Riau maupun Indonesia, saya tidak pernah berpikir sebelumnya akan menjadi salah satu Visitor di SMK ini apalagi diberikan panggung untuk Berbagi rasanya kesempatan yang sangat luar biasa. Bahkan yang menarik, mendengar kata Tambusai juga baru pertama kali saat menerima Tugas dari Yayasan GSM  untuk berbagi Praktik Baik di Sekolah ini. Ternyata Tambusai itu adalah salah satu Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan dari Daerah tersebut ia adalah Tuanku Tambusai yang jejak perjuangannya saat ini masih bisa kita lihat berupa Benteng Tujuh Lapis tak jauh dari SMK Negeri 1 Tambusai.

Perjalanan menuju sekolah ini kami tempuh kurang lebih 6 jam dari Pusat Ibu Kota Riau, disepanjang perjalanan saya ditemani oleh Bapak Urip, beliau merupakan PKS I di sekolah ini yang sama-sama kita tahu bahwa Pekerjaan beliau adalah Jantungnya Sekolah karena berhubungan dengan Kurikulum dan Administrasi lainnya🤭, selain itu juga ada Pak Putra yang merupakan salah satu Guru Produktif TKJ yang menemani saya, beberapa kesempatan kita diskusi ringan, terkait GSM, Kurikulum, dan Kebijakan yang rasa Tumpang Tindih, akh tapi sudahlah karena saat di perjalanan saya hanya berfokus pada Sawit dan beberapa lokasi yang memiliki tanda Menara Api dalam hati saya bergumun, bahwa Indonesia ini sangat kaya, khususnya Riau, di atas minyak di bawah minyak. Tidak terasa, perjalanan kami selesai kami tiba di SMK Negeri 1 Tambusai dan ternyata saya selama perjalanan terhitung ada 3 kali Tidur untuk melepaskan lelah🤭🤭😂 

Setibanya saya di sekolah ini, saya dibuat kagum dengan cara sekolah ini membranding  Diri sebagai SMK CoE tahun lalu dan saat ini menjadi SMK PK. Hal ini terbukti dengan bangunan depan sekolah yang begitu megah bertuliskan SMK CoE, semua Jurusan, dan Identitas Sekolah bernuansa Arsitek Mediterania sampai-sampai saya tidak sedang berada di Sekolah Desa, tetapi suasananya disulap seperti Sekolah di tengah Kota. Decap kagum itu berubah menjadi Pertanyaan dan pernyataan, pertanyaan saya ke Pak Urip, wah siapa yang punya Ide Branding Sekolah seperti ini Pak? Langsung jawabannya adalah Visionernya Kepala Sekolah SMK ini yaitu Bapak Wardana, SP., M. Pd selanjutnya Pernyataan saya adalah "Sekolah PK memang harus berani Membranding Indentitas Sekolahnya Pak, jangan sampai ketika kita tidak mampu membranding identitas kita sendiri, maka akan memberikan kesempatan kepada Orang Lain untuk Membranding Indentitas kita"
Hari itu ditutup dengan mencicipi Sate Terenak di Tambusai, dan berselfi ria di depan sekolah ditemani rintik hujan ringan yang membuat suasana semakin syahdu🌹

Saatnya Berbagi Praktik Baik GSM ala Saya

Begitu saya masuk ke ruang Workshop, saya merasa sedang berada di ruangan Coffee Shop, kemudian kita pesan Kopi, dan sampai akhirnya kita berdiskusi karena Guru-guru di SMK ini 70 % adalah guru mudah bahkan ada yang seusia saya dan ada pula yang di bawah saya usianya, langsung saat itu saya berpikir untuk mempengaruhi dan menyusupi Ideologi Perubahan GSM ini pasti mudah, sampai akhirnya skenario yang sudah saya susun di malam hari, berubah ketika melihat situasi di ruang itu, di awal saya sampaikan Materi dari Pak Iwan "Menyongsong Pembaharuan Pendidikan di Masa Depan" plus saya tampilkan Video Testimoni dari Bapak Nur Rizal., Ph. D sampai akhirnya benar prediksi saya, selesai saya membagikan Materi ini, banyak refleksi yang disampaikan oleh Bapak dan Ibu guru peserta Workshop terkait apa yang selama ini sudah dilakukan dan harus ada yang digugurkan untuk menyongsong pembaharuan pendidikan di masa depan. Sesi selanjutnya saya lanjutkan dengan materi Spiritual Journey Saya Bersama GSM  dimateri ini Peserta semakin percaya bahwa GSM adalah Jurus yang bisa diterapkan di tengah Kondisi Pendidikan kita saat ini. Selain itu, guru-guru juga menemukan cara untuk berubah dari cara lama ke pendidikan menyenangkan ala GSM dari hal yang paling sederhana, sesi ke dua ini semakin menarik karena banyak pertanyaan dan diskusi yang kita lakukan sampai tak terasa Adzan Dzuhur berkumandang. Kita break, sebelum Shalat saya diajak makan siang dengan cara Presmanan, menunya banyak, dan rasanya Enak Semua tetapi ada satu menu sayur yang membuat saya semakin rindu Mamak saya di rumah yaitu Sayur Daun Ubi Tumbuk Gulai sayur Favorit di Keluarga Kami apa lagi ditambah sambal terasi dan ikan asin goreng, waahhh Sedapnya🤭😂
Sesi terakhir saya memberikan kesempatan Kepada Bapak dan Ibu guru peserta Workshop untuk membuat tugas kolaborasi dan Pohon Harapan sambil saya selingkan Materi terakhir tentang Social Emotional Learning dan terlihat ada beberapa peseta yang menangis menandakan bahwa SEL ini dapat menyentuh kalbu seseorang sampai akhirnya seseorang dapat merubah karakter Negatif menjadi Positif. Selesai Presentasi, acara kita tutup tidak lupa saya memberikan Bintang Kebaikan kepada Bapak dan Ibu Guru karena saya yakin budaya menghargai dan mengapresiasi ini memang harus kita biasakan, raut bahagia dan tak percaya muncul dari guru-guru yang mendapatkan Bintang Kebaikan apalagi saya selalu menyempatkan Membawa Produk TeFa Siswa-siswi saya saat Berbagi di sekolah-sekolah sebagai hadiah peserta yang menerima Bintang Kebaikan.

Saat ini, tak ada yang lebih membahagiakan bagi saya selain bisa terus berbagi Praktik-Praktik Baik GSM ala saya, semua perjuangan, cemoan, dan lelah kita semua berubah menjadi Apresiasi, ternyata memang benar apa yang kita Tanam maka itulah yang akan kita tuai. Saya jadi teringat semua Qoutes yang mengatakan "Jika Kita Menanam Padi, Maka Kangkung, Genjer, dan Tumbuhan lainnya akan Tumbuh juga, sebaliknya Jika Kita Menanam Kangkung atau Tumbuhan lain maka Padi tidak akan Tumbuh semoga Allah senantiasa memberikan Kesehatan dan Kesempatan kepada kita semua khususnya diri saya Pribadi agar bisa terus berbagi dan menarasikan GSM ke pelosok-pelosok Negeri.

Diakhir kunjungan saya di SMK Negeri 1 Tambusai saya menyampaikan semua Pantun yaitu
" Bersepeda ke Pakan Baru
Jangan lupa membeli bonsai 
Terimakasih sambutan  Bapak dan Ibu Guru
Pahlawan Perubahan GSM di SMK Negeri 1 Tambusai "

Demikian Refleksi Spritual Journey saya di SMK Negeri 1 Tambusai, terimakasih banyak kepada Yayasan GSM, SMK Swasta SPP SNakMA Muhammadiyah , SMK Negeri 1 Tambusai, serta semua pihak yang terlibat disetiap Proses Hidup Saya.

Pekanbaru, 6 November 2021

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarrakatuh 🙏

Yudha Moningka, S.Pt (Instruktur Gerakan Sekolah Menyenangkan)

#jelajahnegeri
#membangunvokasi
#menarasikanGSM
#berubahberbagikolaborasi 🌹❤️🌱

Terkait