SMK Negeri 1 Tambusai

Kenapa Guru SMKN 1 Tambusai Memakai Baju Putih Celana Hitam Setiap Hari Rabu ?

 

Berita SMK – Tambusai (today)– Kenapa guru SMKN 1 Tambusai memakai seragam baju putih celana hitam setiap hari rabu? Hal ini karena guru-guru SMKN 1 Tambusai taat pada peraturan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 6 tahun 2016, tentang pemakaian seragam Kemendagri, PNS, Honorer dan pelayan public termasuk guru.

Mengenai adanya seragam warna putih itu Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan hal itu untuk mencerminkan kebersihan. Beliau mengatakan instansinya hanya menerjemahkan apa yang menjadi kehendak Presiden Joko Widodo soal revolusi mental. Makanya aparatur pemerintah daerah juga harus menerapkan sistem tersebut. Upayanya adalah dengan memberikan simbol pada pakaiannya.

Setiap seragam dinas memang punya filosofinya masing-masing. Misalnya, kenapa harus ada seragam berwarna krem, karena menjadi pembeda antara aparatur pemerintah dan masyarakat sipil, sedangkan batik merupakan budaya bangsa dan baju putih merupakan lambang kesucian dan kebersihan dari KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme). *(02/11/2016)

 

#RizaFauzi*



Terkait