SMK Negeri 1 Tambusai

Henri Yunedi, S.Pd. Terima Penghargaan Guru Terbaik se_Rohul

 

Berita SMK (today) – Tambusai – Setiap tahunnya Kabupaten Rokan Hulu selalu memberikan penghargaan terhadap kinerja Kepala Sekolah dan Guru Terbaik. Pada tahun 2014 silam Kepala SMKN 1 Tambusai  Miswan, SS menerima penghargaan sebagai Kepala Sekolah Terbaik se Rohul dan kini giliran salah satu guru di sekolah ini yang menerima predikat sebagai guru terbaik tahun 2016 yaitu Henri Yunedi, S.Pd.

Menjadi guru terbaik se Rohul bukanlah hal mudah bagi Henri Yunedi, S.Pd. beliau harus disaring bersama 60 guru terbaik lainnya dengan melalui beberapa proses. Pada tahap awal calon guru berprestasi dihadapkan dengan tes portofolio, yang terdiri dari kumpulan SK dan Piagam Penghargaan yang pernah diterima.

Proses selanjutnya yaitu penilaian oleh atasan langsung, pengawas pembantu, teman sejawat dan masyarakat. Pada penilaian ini diberikan quisioner yang berasal dari LPMP Propinsi Riau.

Berikutnya Interview peserta calon guru berprestasi, pada proses ini diajukan beberapa pertanyaan mengenai pengalaman dan pelaksanaan  sesuai 4 kompetensi guru yaitu, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian yang meliputi kecakapan seorang guru dalam penguasaan tugas pembelajaran dan tugas manajemen pendidikan.

Setelah melewati beberapa proses diatas maka calon guru berprestasi memasuki proses akhir yaitu keahlian dan kemampuan IT dan kemampuan membuat karya ilmiah yang hanya diberikan waktu 3 hari, selanjutnya mempresentasikan didepan Tim Penilai.

Akhirnya henri Yunedi, S.Pd yang berhak menerima predikat guru terbaik karena beliau mampu melewati semua proses dengan baik dan nilai tertinggi. Sebagai penghargaan beliau diberangkatkan Umroh oleh Pemerintah pada tanggal 15 Desember 2016 yang akan datang.

Pihak sekolahpun memberikan apresiasi baik dengan turut memberikan penghargaan kepada Henri. Selepas Upacara Bendera Kepala Sekolah selaku Pembina upacara yang langsung memberikan penghargaan, dengan diikuti ucapan selamat dari guru-guru lain.

“Ini adalah suatu prestasi yang sangat luar biasa dari SMKN 1 Tambusai, pada tahun 2014 silam Kepala Sekolah yang menerima penghargaan guru terbaik se Rohul dan diberangkatkan Umroh, pada tahun ini giliran salah satu guru sekolah ini pula yang mendapatkankan penghargaan serupa ditingkat guru, beberapa waktu lalu beberapa siswa mendapatkan beberapa penghargaan ditingkat Kabupaten, Propinsi bahkan Nasional. Semoga ini bisa menjadi motivasi, meningkatkan kinerja dan prestasi Kepala Sekolah, guru-guru dan siswa. Mudah-mudahan ditahun yang akan dating semakin banyak guru berprestasi dari  Kabupaten Rokan Hulu. Dengan banyaknya guru berprestasi maka siswa/i di Kabupaten Rokan Hulu semakin termotivasi dalam mengukir prestasi-prestasi. pungkas Miswan, SS disela-sela pidato upacara.” (Senin, 05 Desember 2016)

 

#RizaFauzi*

 

 

 

Terkait