SMK Negeri 1 Tambusai

Disnakertrans Provinsi Riau Gelar PBJ Di SMK Negeri 1 Tambusai

Tambusai (Rohul) Sebagai upaya memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengenai persiapan memasuki dunia kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau menggelar kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan (PBJ). Kegiatan ini berlangsung di SMK Negeri 1 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu pada hari kamis, 13 juni 2024.

Kegiatan penyuluhan ini dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepada Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja bapak Bambang Rusdianto, ST,M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa penyuluhan dan bimbingan jabatan ini bertujuan agar pencari kerja termasuk Siswa-siswi SMK nantinya mampu mempersiapkan diri untuk menentukan pilihan pekerjaan yang tepat sesuai dengan potensi, bakat, minat dan kepribadian yang dimilikinya.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh Kabid  Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Provinsi Riau beserta Rombongan, Bapak Yuussiswendi, S.AP dari Disnakertrans Kabupaten Rokan Hulu, Bapak Wardana,SP, M.Pd Kepala SMK Negeri 1 Tambusai, Majelis Guru SMK Negeri 1 Tambusai serta 100 Orang peserta yang berasal dari siswa-siswi kelas XI SMK Negeri 1 Tambusai.

Materi penyuluhuhan dan bimbingan kerja ini disampaikan oleh tiga orang narasumber yaitu ibu Iit Susanti, S.Sos, M.Ak dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau dengan tema “Persiapan memasuki dunia kerja”, Bapak Aan Aprianto, S.Psi dari Lembaga Psikologi Sakti Production dengan tema “Memahami potensi diri dan memilih karier yang sesuai”  dan Bapak Akhsanul Holikin, S.Pd, Gr dari BKK SMK Negeri 1 Tambusai dengan tema “Persiapan wawancara kerja”. Seteleh semua materi dipaparkan narasumber dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab, dalam kegiatan ini terlihat semua peserta mengikuti dengan penuh ansusias dan semangat yang tinggi.

Kepala SMK Negeri 1 Tambusai dalam sambutannya, menyambut baik kegiatan ini sebagai langkah yang positif dalam membekali siswa-siswi dengan pengetahuan yang relevan dengan dunia kerja, beliau juga mengucapkan terimaksih kepada Disnakertrans provinsi Riau yang telah melaksanakan kegiatan penyuluhan ini di SMK Negeri 1 Tambusai, beliau berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam persiapan karier para siswa-siswi SMK setelah mereka menyelesaikan pendidikan mereka.

Melalui upaya kolaboratif antara pihak sekolah, pemerintah daerah, dan perusahaan swasta, diharapkan tercipta sinergi yang positif untuk mendukung kesuksesan karier siswa-siswi SMK dimasa mendatang. (Tim Media SMK Negeri 1 Tambusai)

Terkait